SK Hynix Perkenalkan Memory 8Gb GDDR6

Perusahaan spesialis memory yaitu SK Hynix baru saja memperkenalkan memory GDDR6. Mereka mengklaim bahwa produk terbarunya ini sebagai “The world’s Fastest 20nm 8Gb ( Gigabit ) GDDR6 ( Graphics DDR6 ) DRAM”. SK Hynix telah memutuskan untuk memasang GDDR6 ini pada kartu grafis high-end yang rencananya dirilis pada tahun 2018.

Chip terbaru 20nm 8Gb ini akan beroperasi pada 16Gbps per pin nya. Kabarnya tipe memory ini dapat dijalankan dengan performa kartu grafis yang setidaknya memiliki bus memory 384-bit agar dapat menggunakan GDDR6. Dengan perpaduan tersebut, SK Hynix mengatakan bahwa bandwidth kemungkinan akan dapat berjalan hingga kecepatan 768GBps. Sebagai contoh perbandingan, NVIDIA Geforce GTX 1080 Ti yang sekarang menggunakan GDDR5X tercepat hanya memiliki bandwidth dibawah 500GBps.

Sampai saat ini JDEC masih terus memperbaiki standard GDDR6 ini agar benar-benar bisa memiliki performa yang 2 kali lebih cepat dari GDDR5, serta memiliki voltase yang lebih rendah 10%. Nampaknya SK Hynix berekspektasi untuk membuat subtitusi yang sangat cepat dari GDDR5 dan GDDR5X, yakni dengan adanya chip terbaru GDDR6.

Harapan dari GDDR6 ini selain soal memory yang lebih cepat, mereka menginginkan perkembangan VR ( Virtual Reality ) juga Display HD bisa ditingkatkan lagi, dan dapat memberikan performa hardware untuk dukungan AI, self-driving cars, dan lain-lain.

Yup, jika kita melihat data grafik diatas. Posisi GDDR6 memang seharusnya 2 kali lebih cepat dari GDDR5, mengingat rate untuk GDDR5 dimulai dari 7Gbps, seharusnya GDDR6 berada di angka 15 atau 16Gbps. Sementara itu, kompetitornya Samsung dan Micron juga kabarnya juga sudah berencana untuk membuat graphics memory yang serupa. Keduanya berencana untuk memulai produksi pada akhir tahun 2017 ini, atau awal tahun 2018 mendatang.

Comments

comments