Review Bray! – Corsair K63 Mechanical Keyboard

SWITCHES & KEYCAPS

Tentu, Cherry MX Switches adalah poin penting yang Corsair tawarkan untuk K63. Dimana para pesaingnya sedang ramai menggunakan Kailh Switch agar harga keyboard mekanikal menjadi terjangkau, Corsair cukup berani dengan switch yang sudah dikenal banyak orang ini pada K63. Cherry MX memang memiliki sepak terjang yang sangat solid, sehingga switch ini dianggap sebagai salah satu switch terbaik untuk keyboard mekanikal. Seperti pada spesifikasi yang sudah kalian baca sebelumnya, Corsair K63 menggunakan tipe Cherry MX RED. Cherry MX Red memiliki karakter linear yang ringan serta suara yang tidak terlalu berisik. Sayangnya tidak ada opsi warna switch lain untuk K63 ini, jadi ada kemungkinan bagi yang sudah merasakan mekanikal keyboard ( terutama yang sudah terbiasa dengan warna lain ), kami rasa akan mundur melihat keyboard ini. Tapi bagi kalian yang baru aja ingin beranjak dari membran ke mekanikal, serta menginginkan keyboard TKL, kami rasa Corsair K63 dapat disambut dengan baik. Apalagi banyak pengguna membran merasakan perbedaan yang jauh setelah merasakan kesan pertama menggunakan keyboard mekanikal.

Keycaps keyboard ini bisa dibilang bertipe floating, mungkin untuk pengguna yang baru merasakan mekanikal perlu beradaptasi saat mengetik, namun bagi yang sudah sering menggunakan keyboard mekanikal seharusnya akan cepat terbiasa.

Untuk sebagian orang yang terbiasa dengan tombol makro tambahan mungkin keyboard ini akan berkesan biasa saja, tapi kami berspekulasi kalau yang Corsair incar bukan hanya gamer rumahan saja, melainkan untuk eSports juga. Kebanyakan rata-rata atlet eSport tidak memerlukan fitur-fitur tambahan seperti tombol makro karena beberapa macam faktor. Sehingga banyak dari atlet eSport saat mengikuti turnamen tidak menggunakan fitur tersebut, terlebih lagi banyak dari turnamen yang diselenggarakan memang tidak memperbolehkan mereka menggunakan makro saat bertanding. Bagi mereka para atlet, yang terpenting adalah keyboard tersebut anti-ghosting atau tidak, karena keyboard apapun yang digunakan sebenarnya kita pasti bisa beradaptasi. Akan tetapi jika keyboard tersebut mengalami ghosting saat bermain, itu akan menjadi permasalahan besar bagi para gamer. Untungnya Corsair K63 ini sudah 100% Anti-Ghosting, sehingga secepat apapun pergantian tombol, dan sebanyak apapun tombol ditekan, dapat dieksekusi dengan baik oleh Corsair K63 ini.

DUKUNGAN SOFTWARE CORSAIR UTILITY ENGINE

Sebenarnya kalian masih mendapatkan beragam profile untuk mengatur efek LED dari Corsair K63, sayangnya pengaturan profile ini tidak bisa secara langsung, alias kita benar-benar perlu mengaturnya dengan software pendukung yang bernama Corsair Utility Engine. Tanpa menginstall software ini, profile LED akan otomatis berjalan dengan profile static color. Jadi apa yang telah kita save, tidak tersimpan secara langsung oleh keyboard ini. Pengaturan LED yang terdapat pada keyboard hanyalah untuk mengatur tingkat kecerahan saja.

KESIMPULAN

Untuk Corsair K63 ini, memang Corsair bukan menawarkan ‘gimmick’ ala-ala gaming. Agar bisa memberikan pengalaman/performa gaming yang maksimal, yang Corsair tawarkan ialah inti-inti fungsi dari pada keyboard mekanikal itu sendiri. Memang dengan hanya menghadirkan Cherry MX Red untuk switchnya, keyboard ini nampaknya akan sulit untuk menggoda para gamer yang sudah memiliki preferensi switch mereka masing-masing. Namun bagi kalian yang baru saja ingin mulai menggunakan keyboard mekanikal, atau sudah terbiasa dengan tipe Red Switch, kami rasa tidak ada salahnya untuk beralih ke keyboard ini. Corsair K63 ini sudah tersedia di pasaran dengan harga kisaran 1,1juta rupiah jika kalian tertarik ingin membeli keyboard ini.

Jika kalian ingin mengetahui bentuk keboard ini lebih dalam, juga ingin mengetahui suara dari keyboard Corsair K63, kalian dapat melihat #ReviewBray pada YouTube Channel Gaptech

Comments

comments