Bocoran Score 3DMark TimeSpy RX Vega

Beberapa minggu lalu, AMD mengkonfirmasi kehadiran kartu grafis high end terbaru mereka yaitu RX VEGA yang kabarnya akan hadir dalam waktu dekat ini. Mengingat kehadiran RX VEGA ini semakin dekat, muncul hasil benchmark di minggu ini yang berada pada database 3DMark TimeSpy yang disinyalir score tersebut adalah score dari RX VEGA.

Database tersebut awalnya berasal dari Guru3D, kartu grafis tanpa nama yang berasal dari AMD tersebut memiliki score 5950 overall score dan 5721 graphics score pada 3Dmark TimeSpy. Benchmark ini dijalankan dengan menggunakan sistem AMD Ryzen 7 1800X, RAM 16GB DDR4-2133, dan ASUS X370-Pro Motherboard.

Graphics score yang ditampilkan disana memang berada pada titik antara GTX 1070 dan GTX 1080. Yang membuat orang berpikir bahwa ini adalah score dari RX Vega ialah dikarenakan karakter core clock AMD yang memang tidak besar, hanya 1200MHz. Juga melihat Memory bus clock yang hanya 700MHz, membuat orang-orang semakin mengira bahwa tipe memory yang digunakan adalah HBM2. Mereka bisa menilai hal tersebut dikarenakan AMD R9 FuryX yang menggunakan memory HBM hanya memiliki 500MHz memory clock saja, sementara jika menggunakan tipe memory GDDR5 atau GDDR5X, sudah pasti memory clocknya berada di angka 7000-11000MHz. Karakter memory HBM memang memiliki clockspeed yang kecil, namun tetap dapat memberikan bandwidth yang besar, karena dengan menggunakan HBM, bus memory mampu berjalan pada 4096-bit seperti halnya FuryX yang memiliki bus 4096-bit. 

Tentu, dengan hasil benchmark bocoran ini kita masih belum bisa mengambil kesimpulan benar atau tidaknya performa yang ditawarkan AMD untuk RX VEGA. Akan tetapi kita setidaknya dapat berekspektasi sedikit bagaimana kemampuan RX VEGA nanti. Kami juga berspekulasi bahwa AMD masih terus mengembangkan RX VEGA ini, jadi tidak menutup kemungkinan setelah rilis nanti, RX VEGA mungkin bisa memberikan kejutan untuk kita semua seperti halnya AMD Ryzen. Kita tunggu sama-sama bagaimana RX VEGA yang sesungguhnya setelah rilis nanti!

Comments

comments